- Back to Home »
- Struktur Organisasi & Rentang Kendali (Span Of Control)
Posted by : Unknown
Thursday, November 20, 2014
Sruktur Organisasi :
1.
Organisasi
garis
Organisasi garis merupakan bentuk organisasi tertua, dan paling
sederhana. Organisasi dengan jumlah karyawan sedikit dan pemiliknya merupakan
pimpinan tertinggi didalam perusahaan/organisasi yang mempunyai hubungan
langsungdengan bawahannya. Di sini setiap bagian-bagian utama langsung berada
dibawah seorang pemimipin serta pemberian wewenang dan tanggung jawab bergerak
vertical ke bawah dengan pendelegasian yang tegas, melalui jenjang hirarki yang
ada.
Kebaikan-kebaikan organisasi garis
:
a.
Bentuk organisasi sederhana sehingga mudah dipahami dan
dilaksanakan,
b.
Pembagian tugas serta tanggung jawab dan kekuasaan cukup jelas
c.
Adanya kesatuan dalam perintah dan pelaksanaan sehingga
mempermudah pemeliharaan disiplin dan bertanggung jawab,
d.
Pengambilan keputusan dapat dilaksanakan secara cepat karena
komunikasi cukup mudah.
Sedangkan kekurangan-kekurangannya adalah :
a.
Bentuk organisasi tidak fleksibel,
b.
Kemungkinan pemimpin untuk bertindak otokratis besar,
c.
Ketergantungan pada seseorang cukup besar sehingga mudah terjadi
kekacauan bila seseorang didalam garis organisasi “hilang”.
2.
Organisasi
garis dan staff
Dalam organisasi ini ada dua kelompok orang-orang yang berpengaruh
dalam menjalankan organisasi itu, yaitu :
a.
Orang yang melaksanakan tugas pokok organisasi dalam rangka
pencapaian tujuan, yang digambarkan dengan garis atau lini.
b.
Orang yang melakukan tugasnya berdasarkan keahlian yang
dimilikinya, orang ini berfungsi hanya untuk memberikan saran-saran kepada unit
operasional. Orang-orang tersebut disebut staf.
Di dalam organisasi garis dan staf :
·
Terdapat spesialisasi yang beraneka ragam yang dipergunakan secara
maksimal.
·
Dalam melaksakan pekerjaannya, anggota atau lini dapat menerima
pengarahan serta informasi dari staf.
·
Pengarahan yang diberikan staf dapat dijadikan pedoman bagi
pelaksana.
·
Staf mempunyai pengaruh yang besar dalam pelaksanaan pekerjaan.
Organisasi ini mempunyai kebaikan, seperti :
·
Adanya pembagian tugas yang jelas antara orang-orang yang
melaksanakan tugas pokok dan penunjang.
·
Keputusan yang diambil biasanya telah dipertimbangkan secara
matang oleh segenap orang yang terdapat dalam organisasi, termasuk staf.
·
Adanya kemampuan dan bakat yang berbeda-beda dari anggota
organisasi memungkinkan dikembangkannya spesialisasi keahlian.
·
Adanya ahli-ahli dalam staf akan menghasilkan mutu pekerjaan yang
lebih baik.
·
Disiplin para anggota tinggi karena tugas yang dilaksanakan oleh
seseorang sesuai dengan bakat kealian, pendidikan dan pengalamannya..
Sedangkan kekurangan dari
organisasi ini adalah :
·
Bagi para pelaksana operasional perbedaan antara perintah dan
saran tidak selalu jelas. Maksudnya dalam pelaksana tugas – tugas operasional,
orang-orang lini atua garis dihadapkan pada dua macam atasan.yaitu atasan yang
terdapat dalam komando yang mempunyai hak memerintah dan pinpinan staf yang
meskipun hanya berhak memberikan saran, namun perlu pula ditaati karna sarannya
berdasarkan pada keahlian dan wewenang fungsional.
·
Saran serta nasehat dari staf mungkin kurang tepat atau sulit
dilaksanakan, karna kurang adanya tanggung jawab terhadap perkerjaan.
·
Pejabat garis cendrung untuk mengabaikan gagasan dari staf
sehingga gagasan tersebut dapat tidak berguna.
·
Timbulnya kekacauan bila tugas-tugas tidak dirumuskan dengan
jelas.
3.
Organisasi
fungsional
Organisasi dengan bentuk ini merupakan suatu organisasi yang
berdasarkan pembagian tugasnya serta kegiatannya pada spesialisasi yang
dimiliki oleh pejabat-pejabatnya. Organisasi ini tidak terlalu menekan hilarki
sturtural, tetepai lebih pada sifat dan pungsi yang perlu dijalankan.
Dalam organisasi ini seorang bawahan dapat menerima beberapa
instruksi dari beberapa pejabat serta harus mempertanggung jawabkannya pada
masing-masing pejabat yang bersangkutan.
Kebaikan-kebaikan dari pungsional organisasi fungsional :
a.
Adanya spesialisasi menyebabkan perencanaan tugas dapat dengan
baik.
b.
Spesialisasi karyawan dapat dilakukan secara maksimal.
c.
Koordinasi antara orang-orang dalam satu funsi mudah dilaksanakan
atau dijalankan.
d.
Pekerjaan mental dapat dipisahkan dari pekerjaan pisik.
Kekurangan – kekurangan orgganisasi fungsional antara lain adalah
sebagai berikut :
a.
Tanggung jawab terbagi-bagi, sehingga jika terjadi satu masalah
tidak jelas siapa yang harus bertanggung jawab penuh.
b.
Ditinjau dari segi karyawan, banyaknya atasan yang membingungkan,
c.
Terjadi saling mementinngkan fungsi masing-masing menyebabkan
koordinasi yang bersifat menyeluruh sukar dijalankan.
d.
Pertukaran (mutasi) pekerjaan sukar dilakukan, karna anggota
organisasi terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang keahliannya saja,
sehingga untuk mengadakan pertukaran jabatan harus dilakukan suatu pendidikan
yang intensif terlebih dahulu.
Pendapat dari sekumpulan orang biasanya akan lebih baik dari pada
hasil pemikiran satu orang. Cara yang terbaik untuk menimbulkan kerja sama dari
kelompok orang adalah dengan membentuk satu kelompok tetap yang disebut komite.
Komite adalah suatu badan yang terdiri dari sekumpulan orang yang diberi kekuasaan tertentu dan dengan berunding mereka dapat membuat keputusan bersama-sama.
Dengan adanya komite, diharapkan dapat menghilangkan iri hati atau pertentangan diantara anggota kelompok dan dapat dihindari hambatan-hambatan yang timbul akibat adanya perintah perintah yang simpang siur antara pimpinan yang sesingkat :
Komite adalah suatu badan yang terdiri dari sekumpulan orang yang diberi kekuasaan tertentu dan dengan berunding mereka dapat membuat keputusan bersama-sama.
Dengan adanya komite, diharapkan dapat menghilangkan iri hati atau pertentangan diantara anggota kelompok dan dapat dihindari hambatan-hambatan yang timbul akibat adanya perintah perintah yang simpang siur antara pimpinan yang sesingkat :
Komite dapat dibagi atas 4 macam yaitu :
·
Komite yang mempunyai kekuasaan penuh untuk bertindak (biasanya
terdapat pada tingkatan instrusional)
·
Komite yang tidak mempunyai kekuasaan, tetapi mempunya hak untuk
menolak (hak veto).
·
Komite penasehat.
·
Komite pendidikan yang merupakan kelompok diskusi.
contoh untuk Organisasi komite/panitia adalah panitia untuk acara 17an
Rentang
Kendali (Span Of Control)
Kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara
efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya.
Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang terlalu banyak
kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga kurang
baik.